12 KELOMPOK PKM MAHASISWA STKIP PGRI JOMBANG OPTIMIS GO PIMNAS 2018

12 KELOMPOK PKM MAHASISWA STKIP PGRI JOMBANG OPTIMIS GO PIMNAS 2018

“Malu bertanya sesat di jalan. Malu bertanya berarti memelihara kebodohan. Jangan pernah malu untuk selalu terus bertanya!” kata Rektor Unesa, Prof. Dr. Warsono, M.S., menutup sambutan Pembukaan Acara Pelaksanaan Monev Eksternal PKM 5 Bidang Tahun 2018.

SORAK tepuk tangan mahasiswa tampak terdengar menggema sesaat acara Pembukaan Monitoring dan Evaluasi (Monev) Eksternal Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) 5 Bidang dimulai. Acara tahunan yang diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kementerian Riset dan Teknologi Pendidikan Tinggi ini digelar serentak se-Indonesia tanggal 19-20 Juli 2018.

Kampus Universitas Negeri Surabaya adalah salah satu dari sekian banyak kampus di Indonesia yang menjadi tuan rumah pada pelaksanaan kegiatan tersebut. Di kampus inilah 22 kelompok mahasiswa yang tergabung dalam 12 perguruan tinggi se-Jawa Timur Wilayah Jombang, Lamongan, Surabaya, dan Bojonegoro saling unjuk karya. Mahasiswa saling berlomba-lomba menunjukkan hasil karya terbaiknya di hadapan para reviewer atau tim pemonev. Pada ajang inilah setiap masing-masing kelompok mahasiswa saling unjuk gigi mencari simpati mempresentasikan karya kreatifnya. Dengan harapan, masing-masing kelompok mahasiswa tersebut bisa lolos mengikuti Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) di Yogyakarta bulan Agustus mendatang.

Antusiasme mengikuti ajang mahasiswa bergengsi tahunan ini juga terpancar dari wajah-wajah mahasiswa Kampus STKIP PGRI Jombang. Menariknya, dari seluruh mahasiswa yang hadir sebagai peserta, hampir separuhnya diikuti atau diisi oleh mahasiswa Kampus STKIP PGRI Jombang. Ada sebanyak 50 mahasiswa STKIP PGRI Jombang yang antusias mengikuti acara tersebut. Kelima puluh mahasiswa tersebut tergabung dalam 12 kelompok PKM 5 Bidang, di antaranya adalah 2 kelompok PKM Pengabdian, 2 kelompok PKM Penelitian, 1 kelompok PKM Karya Cipta, dan 7 kelompok PKM Kewirausahaan.

Ahmad Fallas Mahabbar, Ketua Kelompok PKM-K dengan judul “MAGICOM (Magic Clock Math) Jam Unik Sebagai Solusi Usaha Cerdas Dengan Pemanfaatan Limbah Kertas Koran Bekas” juga mengakui sangat senang dengan acara tersebut. “Satu hal yang berkesan dengan acara ini adalah indahnya memupuk semangat dan kebersamaan dengan teman-teman. Lebih khususnya kebersamaan dengan teman satu tim atau kelompok. Yang lebih mengesankan lagi acara tersebut memberikan pengalaman yang luar biasa berarti bagi saya. Pengalaman tampil berbicara di hadapan banyak orang-orang. Lebih khususnya tampil di hadapan orang-orang penting para reviewer atau tim pemonev PKM. Insyaallah, saya dan teman-teman optimis bisa lolos PIMNAS,” tuturnya, sambil malu-malu. (ton/KM).

Leave a Reply